masih layakkah memakai APU AMD??? - MYFRIENDTECH

Teman Teknologi Anda

Breaking

Home Top Ad

Monday, July 17, 2017

masih layakkah memakai APU AMD???

     Di tahun 2017 ini banyak sekali vendor vendor kelas atas dan kelas bawah mengeluarkan produk
produk terbaru dan juga menawarkan fitur fitur yang membuat para pengguna pc seperti sekarang, kalangan Gamers dan Video Editor untuk hengkang dari Ram DDR3 ke Ram DDR4 dikarenakan RAM DDR4 memilki frekuensi atau speed yang lebih tinggi, apalagi dengan fitur Overclocking yang membuat speed Ram jadi lebih tinggi.


     Topik kita kali ini adalah membahas " Masih Layakkah Memakai APU AMD??? " apakah masih worth it gak sih pakai APU atau VGA terintegrasi ( onboard ) . Ditahun 2012-2013 AMD banyak mengeluarkan chipset APU nya AMD A4 series, A6 series , A8 series dan A10 series yang dimana chipset tersebut didalam nya terdapat processor dan VGA dalam satu chipset, dan hanya AMD lah yang pertama kali mengeluarkan produk seperti itu.



      Banyak orang yang berpikir bahwa jika VGA tidak menjadi satu dengan motherboard atau kita sebut "ADD ON" VGA tersebut akan berjalan lebih kencang dan lebih bagus dari pada VGA yang terdapat dalam chipset APU.ini yang banyak pikirkan dikarenakan mereka mengira bahwa VGA yang disatukan dengan Processor ( APU ) akan berjalan tidak maksimal dan VGA yang tidak menyatu dengan processor ( ADD ON ) akan berjalan lebih baik ketimbang APU.

     Menurut jagatreview.com AMD APU A10 5800K mempunyai processing power yang lebih bagus ketimbang VGA VGA ADD ON seperti Radeon HD 5450 dan NVDIA GT 710. Alva jonathan atau lucky_noob dari jagat review membuktikan bahwa AMD APU A10 5800K itu lebih baik ketimbang VGA GT 710. pengujian AMD APU A10N5800K yang dilakukan dengan  3DMARK Sky Diver dan berjalan dengan resolusi 1080p " FULL HD " menunjukkan score yang bisa dibilang lumayan untuk VGA Terintegrasi ( APU ) tersebut. ini  dia hasilnya


      Scorenya yang dihasilkan AMD APU A10 5800K berjumlah 3372. Dengan pembandingnya yaitu NVDIA GT 710 yang bisa dibilang terlampau agak jauh dimana score grafiknya tidak seimbang . Ini dia score yang dihasilkan VGA GT 710.



     Itulah score untuk NVDIA GT 710, dari BENCHMARK yang dilakukan dengan 3DMARK Sky Diver membuktikan bahwa tidak selamanya VGA onboard ( APU ) itu jelek , dan bahkan terbukti kalau AMD APU A10 5800K itu lebih baik ketimbang NVDIA GT 710. Selisih score nya tipis yaitu 658 ,mungkin akan muncul pertanyaan " kenapa bisa score BENCHMARK nya lebih tinggi VGA Terintegrasi ketimbang VGA ADD ON / GT 710 ??? "  Itu akan kita bahas dibawah ini.

     Spesifikasi yang digunakan jagatreview.com sebagai berikut:

  • Motherboard Gigabyte A85Xup4
  • Ram VGen 2x4GB 1333 Mhz
  • processor AMD APU A10 5800K
  • NVDIA GT 710
  • PSU 1500 Watt ( dikarenakan tidak ada PSU yang lebih kecil )

      Score BENCHMARK AMD APU A10 5800K /VGA Terintegrasi dikarenakan didalam chipset yang terdapat pada AMD APU A10 5800K memiliki VGA yang lebih baik dari pada NVDIA GT 710, VGA yang terdapat pada A10 5800K adalah Radeon HD 7660D yang dimana memiliki compute core dikit lebih tinggi dibanding GT 710. Itu sebabnya mengapa AMD APU A10 5800K mendapatkan score yang terpaut agak jauh dengan lawannya yaitu GT 710.

       Jadi jangan berpikir jika VGA on board / terintegrasi itu tidak lebih baik dibandingkan VGA ADD ON, banyak orang yang berpikir jika VGA ADD ON itu lebih baik ketimbang VGA On Board hanya karena si VGA nya tidak menyatu dengan processor bukan berarti dia jadi lebih baik. Sudah terbukti jika APU itu lebih baik.

      Apakah masih layak memakai AMD APU ??? jawabannya ya, apalagi bagi kalian yang punya Budget pas pasan untuk bikin PC Gaming ataupun warnet.

      Itu tadi pendapat kami mengenai  AMD APU. Tinggalkan Comment kalian dibawah,subcribe and share blog ini untuk menambah pengetahuan kalian. Thanks

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad